Mbak Rerie Dorong Pertumbuhan UMKM Desa Demi Wujudkan Pembangunan yang Merata

Mbak Rerie Dorong Pertumbuhan UMKM Desa Demi Wujudkan Pembangunan yang Merata
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat mendorong pertumbuhan sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) demi mewujudkan pembangunan yang merata. Foto: dok MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat mendorong pertumbuhan sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dalam upaya menggali sejumlah potensi desa yang merupakan bagian dari upaya pengembangan perdesaan di tanah air.

"Strategi pembangunan desa merupakan salah satu langkah strategis untuk mewujudkan pemerataan kesejahteraan rakyat dan pengembangan sektor UMKM desa bisa menjadi bagian dari proses tersebut," kata Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Kamis (25/1).

Berdasarkan proyeksi Bank Dunia 2023, dalam tiga tahun ke depan, ekonomi Indonesia diproyeksikan tumbuh lebih dari 0,1% setiap tahunnya.

Sektor UMKM sebagai penggerak ekonomi Indonesia diproyeksikan akan bertambah mencapai 83,3 juta pelaku pada 2034.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, jumlah desa/kelurahan di Indonesia mencapai 83.794 desa/kelurahan pada 2022.

Menurut Lestari, berdasarkan sejumlah catatan tersebut desa di Indonesia memiliki potensi untuk mengembangkan UMKM di wilayahnya masing-masing.

"Sejumlah potensi yang dimiliki desa sangat beragam antara lain sumber daya alam, kerajinan tangan, pariwisata, pertanian dan industri kreatif," ujar Rerie, sapaan akrab Lestari.

Upaya menggali dan memetakan potensi setiap desa, tambah Rerie itu, harus segera dilakukan agar langkah pengembangan UMKM di desa lebih terarah.

Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat mendorong pertumbuhan sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) demi mewujudkan pembangunan yang merata.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News