Mbak Shinta KADIN Dorong Pelaku Usaha Bertransformasi di Masa Pandemi

Mbak Shinta KADIN Dorong Pelaku Usaha Bertransformasi di Masa Pandemi
Kadin Indonesia (Logo). Foto Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN)  Shinta W Kamdani menyatakan, berbagai tantangan yang muncul karena pandemi Covid-19 dapat menjadi kesempatan bagi pelaku usaha di Tanah Air untuk bertransformasi menjadi lebih baik ketimbang sebelumnya.

Shinta pun mengharapkan para pelaku usaha Indonesia bisa menjadi lebih agresif, proaktif, dan cerdik dalam bertransformasi sambil memanfaatkan kerja sama internasional dengan mitra di negara lain.

“Ikut dalam menciptakan multiplier effect kerja sama ekonomi internasional dengan melibatkan UMKM Indonesia dalam perdagangan internasional secara langsung maupun tidak langsung," katanya dalam keterangan pers Kadin, Jumat (11/9).

Pengurus KADIN yang membidangi hubungan internasional itu menjelaskan, setidaknya terdapat lima tantangan baru bagi pelaku usaha Indonesia.

Tantangan pertama ialah perubahan pola global supply chain yang lebih terdiversifikasi dan terregionalisasi untuk menjamin efisiensi sekaligus stabilitas dan keandalan pasokan.

Kedua, peningkatan urgensi dan akselerasi terhadap adopsi teknologi pada berbagai aspek kegiatan usaha dan ekonomi untuk menjamin kelangsungan dan pertumbuhan usaha. 

Ketiga, mencuatnya concern terhadap isu kesehatan yang meningkatkan kompleksitas perang dagang, perang supremasi teknologi inovasi hingga kondisi de-globalisasi.

"Tantangan keempat, perubahan pola konsumsi global dengan munculnya generasi milenial dan generasi digital native yang sadar memiliki daya beli lebih rendah dan kurang peduli terhadap ownership, tetapi sensitif terhadap isu climate crisis dan sustainability sebagai generasi konsumen baru," tuturnya.

Wakil Ketua Umum KADIN Shinta W Kamdani mendorong para pelaku usaha memanfaatkan potensi di masa pandemi dengan go internasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News