Mbak Tutut Ingat Pesan Pak Harto

Mbak Tutut Ingat Pesan Pak Harto
Mbak Tutut menghadiri Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Darusaalam, Fatmawati, Jakarta Selatan. Foto: Istimewa for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Mbak tutut – panggilan akrab Siti Hardiyanti Rukmana – menghadiri Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Darusaalam, Fatmawati, Jakarta Selatan. Kehadiran Mbak Tutut sekaligus memenuhi undangan dan bersilaturahmi dengan jemaah Majelis Taklim Faqihatuddin.

Mbak Tutut mengajak jemaah yang hadir senantiasa menanamkan sifat sabar. Sabar merupakan salah satu akhlak yang diajarkan Rasulullah kepada umatnya. Putri sulung Soeharto ini juga mengingatkan jemaah agar tak sedikitpun menjadi pribadi pendendam.

Mbak Tutut cerita peristiwa bersejarah 20 tahun silam, sewaktu Presiden Soeharto memilih berhenti dari jabatannya. Saat itu, ia dan saudara-saudara kandungannya dipanggil menghadap. "Waktu bapak berhenti jadi presdien kami anak-anaknya dipanggil," ujar Mbak Tutut, Sabtu (22/21)

Saat itu Soeharto mengutarakan niatannya untuk berhenti menjadi presiden. Soeharto berhenti karena sebagian rakyat memintanya mundur. "Kenapa bapak berhenti, karena sudah diminta rakyat," ujar Mbak Tutut.

Pernyataan Soeharto membuat anak-anaknya terkejut, "Pak kenapa, bapak tidak melalukan sesuatu, karena yang sayang bapak juga banyak," ucap Mbak Tutut.

"Jangan, kalau diteruskan nanti bisa perang saudara," ujar Mbak Tutut menirukan kalimat Pak Harto saat itu. Soeharto mengumumkan pemberhentian dirinya. Soeharto berhenti dengan hati legowo.

Soeharto sempat berpesan kepada putra-putrinya. Dia ingin anak-anaknya menjadi pribadi penyabar. Ia juga meminta agar mereka tidak menjadi pendendam. "Sampai saat ini kami terus mengikuti kata bapak, ingat sabar dan jangan dendam," terangnya.

Mbak Tutut merasa bersyukur karena lahir dari seoarang ayah dan ibu yang teguh memegang ajaran Rasulullah. "Bapak ternyata mengikuti apa kata Rasulullah yang selalu sabar dan tidak pernah dendam. Alhamdulillah, saya lahir dari orang tua saya yang demikian," paparnya.

Mbak Tutut bercerita detik-detik jelang Presiden Soeharto mengundurkan diri dari jabatannya, 20 tahun silam.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News