Medco Bagi Deviden USD 8,5 juta

Medco Bagi Deviden USD 8,5 juta
Medco Bagi Deviden USD 8,5 juta
JAKARTA - Komitmen PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) kepada para pemegang saham perseroan tetap tinggi. Meski laba bersih perseroan pada 2009 tidak sesuai ekspektasi, manajemen tetap membayarkan dividen. Pembagian dividen itu diberikan sebagai langkah apresiasi terhadap stackholder terutama pemegang saham perseroan. "Tidak ada alasan untuk tidak bagi dividen. Karena ini sudah menjadi komitmen manajemen kepada seluruh pemegang saham," tutur Darmoyo Doyoatmojo, Presiden Direktur MEDC, di Jakarta.

Perseroan telah mengalokasikan dividen sebesar USD 8,5 juta. Dividen sebesar itu diambil 50 persen dari laba bersih 2009 yang menyentuh angka USD 19,2 juta. Artinya, pemegang saham akan memperoleh dividen sebesar USD 0,23 per lembar saham. "Berdsar keputusan yang kami setujui, pembagian dividen akan dilaksanakan pada 8 Juli mendatang," tambah Darmoyo.

Sekadar diketahui, kinerja perseroan sepanjang 2009, mencatat laba bersih sebesar USD 19,2 juta. Pencapai itu mengalami penurunan drastis sebesar 93,1 persen, jika dibanding laba bersih edisi 2008 yang sukses mencatat laba bersih dikisaran USD 280 juta. Laba bersih perseroan tahun lalu itu sudah termasuk penerimaan dari pelepasan anak perusahaan sebesar USD 62,5 juta. Pelepasan tersebut merupakan realisasi dari program optimalisasi aset perseroan yang dicanangkan sejak awal 2008.

Sementara penjualan dan pendapatan usaha lain juga turun 48 persen menjadi USD 667,8 juta. Menurut klaim perseroan, anjloknya laba bersih perseroan tersebut akibat turunnya harga rata-rata minyak dan gas. Dimana harga minyak yang terealisasi, masing-masing menjadi USD 64 per barel dan USD 3,1 per MMBTU. Selain itu juga, momok anjloknya laba bersih disebabkan turunnya jumlah rata-rata penjualan minyak dan gas bumi dari 63,5 MBOEPD menjadi 52,8 MBOEPD. Itu juga sekaligus yang menjadi penyebab turunnya pendapatan. "Memang harga penjualan minyak dan gas pada realisasinya mengalami penurunan," tukasnya.

JAKARTA - Komitmen PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) kepada para pemegang saham perseroan tetap tinggi. Meski laba bersih perseroan pada 2009

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News