Media Asing Beritakan Keberhasilan Demokrat

Media Asing Beritakan Keberhasilan Demokrat
Media Asing Beritakan Keberhasilan Demokrat

jpnn.com - JAKARTA -- Pemilihan umum tak hanya digelar di dalam negeri. Tapi, Warga Negara Indonesia di luar negeri yang sudah mempunya hak pilih juga merayakan pesta demokrasi lima tahunan ini.

Ketua Departemen Bidang Perencanaan Pembangunan Nasional DPP Partai Demokrat Kastorius Sinaga mengatakan, sepanjang pengalamannya bersosialisasi di beberapa negara, WNI yang berada di Daftar Pemilih Tetap (DPT) luar negeri sejauh ini masih sangat antusias untuk mengikuti pemilu.

Namun, masalah paling mendasar yang Kastorius temukan di Timur Tengah dan Malaysia, WNI yang bermukim di sana mayoritas pembantu rumah tangga. Tempat Pemungutan Suara (TPS) jauh dari tempat tinggal mereka.

“Banyak di antara mereka tidak mendapat izin dari majikan untuk melakukan pemungutan suara. Ini yang jadi masalah bagi kami,” terang pria yang pernah mengenyam pendidikan di Bielefeld University, Jerman ini.

Dijelaskannya, antusiasme pemilih di beberapa negara lain terhadap partai yang diusungnya pun menunjukkan indikasi yang menggembirakan.

Alasannya adalah karena nama Indonesia sudah sangat harum di luar negeri. Menurutnya, ini adalah hal yang sangat positif bagi para pemilih di luar negeri.

“Media-media di luar seperti CNN kerap memberitakan tentang Partai Demokrat yang berhasil memberikan contoh baik tentang demokrasi dan mengutamakan kesejahteraan rakyat," jelas Kastorius.

Pengamat politik Prayudi Setiadarma menilai pemilih luar negeri pada setiap masa pemilu selalu menujukkan antusiasme tinggi.

JAKARTA -- Pemilihan umum tak hanya digelar di dalam negeri. Tapi, Warga Negara Indonesia di luar negeri yang sudah mempunya hak pilih juga merayakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News