Media Asing Soroti Wakil Bank Dunia yang Komentari Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran

Media Asing Soroti Wakil Bank Dunia yang Komentari Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran
Arsip - Seorang siswi menunjukan menu makan saat simulasi penerapan program makan siang gratis di SMP Negeri 2 Curug, Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis (29/2/2024). (ANTARA/Azmi Samsul Maarif/aa).

jpnn.com, JAKARTA - Media asing Business Times menyoroti pernyataan Bank Dunia di Indonesia, Satu Kahkonen yang mengkritik salah satu program yang dikampanyekan pasangan Prabowo-Gibran.

Pejabat paling senior Bank Dunia itu telah memicu reaksi keras karena menentang program calon presiden mendatang, Prabowo Subianto, yang memberikan makan siang dan susu gratis kepada semua anak sekolah.

Meskipun kinerja perekonomiannya solid baru-baru ini, Indonesia terus menghadapi tantangan malnutrisi dan stunting yang terus-menerus terjadi di kalangan generasi mudanya. 

Faktanya, 21 persen anak di bawah 18 tahun menderita stunting, menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Center for Policy Studies.

Hal ini berdampak langsung pada pengembangan sumber daya manusia di Indonesia – yang sangat penting bagi negara berpenduduk 277 juta jiwa ini untuk mencapai status berpenghasilan tinggi – karena upaya pendidikan terhambat dan pendapatan jangka panjang menjadi tertekan.

Usulan tersebut terbukti sangat populer. Pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming, sejauh ini telah mengantongi 58,82 persen suara pada pemilu 14 Februari lalu.

Popularitas mereka ikut menjelaskan bagaimana kritik keras terhadap komentar Kahkonen yang dilontarkan para 'netizen' di media sosial Indonesia.

Business Times menyatakan dalam artikelnya, Selasa (5/3/2024), menulis bahwa "Kahkonen melampaui batas dalam kritiknya terhadap usulan Prabowo. Bank Dunia yang seharusnya merupakan lembaga netral justru memunculkan pernyataan yang dianggap bermuatan politik."

Media International Business Times menyoroti kegaduhan yang disebabkan Satu Kahkonen karena mengkritik salah satu program pasangan Prabowo-Gibran.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News