Media Cetak Dihantui Pencurian Hak Cipta

Media Cetak Dihantui Pencurian Hak Cipta
Media Cetak Dihantui Pencurian Hak Cipta
BANGKOK - Para penerbit media di dunia mulai mengkhawatirkan kebebasan mengakses pemberitaan yang kini mudah didapatkan. Pengambilan berita secara bebas yang tak terkendali dari mesin pencari semisal Google diklaim telah merugikan perusahaan media.

Tema inilah yang menjadi topik hangat dalam diskusi World Associaton of Newspapers and News Publishers (WAN IFRA),  Selasa (4/6) di Bangkok, Thailand. Asosiasi surat kabar dunia ini memutuskan untuk segera mendirikan global mengatasi pencurian hak cipta melalui mesin pencari.

Diharapkan forum ini menjadi wadah antisipasi kemajuan teknologi bagi bisnis media dan solusi mengatasinya. "Kita perlu segera menciptakan sebuah forum global untuk debat dan diskusi. Karena mesin pencari bisa mempengaruhi bisnis, bila mereka mengambil data tidak melalui prosedurnya," kata CEO WAN IFRA, Vincent Peyrègne.

Usulan ini mendapatkan tanggapan beragam dari peserta WAN IFRA. Margaret Boribon, anggota asosiasi media Belgia, mengatakan tidak mudah untuk melakukan pendekatan dengan mesin pencari. Meski ia pernah berhasil menggugat Google atas pelanggaran hak cipta, namun Boribon menegaskan tetap perlu kebersamaan penerbit media secara global agar bisa lebih mengintervensi.

BANGKOK - Para penerbit media di dunia mulai mengkhawatirkan kebebasan mengakses pemberitaan yang kini mudah didapatkan. Pengambilan berita secara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News