Megawati: Alhamdulillah Ahok-Djarot Dapat 43,5 Persen

Megawati: Alhamdulillah Ahok-Djarot Dapat 43,5 Persen
Megawati Soekarnoputri dan rombongan menuju ke TPS. Foto: Boy Muhamad/JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri memastikan jagoan yang diusungnya, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat, memperoleh 43,5 persen suara pada pemilihan kepala daerah (pilkada) DKI Jakarta.

"Khusus pilkada Jakarta juga saya perhatikan, alhamdulillah hasil hitung cepat sementara ini pasangan Ahok-Djarot memperoleh 43,5 persen," kata Megawati saat jumpa pers di kediamannya, Kebagusan, Jakarta Selatan, Rabu (15/2). Jumpa pers dihadiri Ahok, Djarot, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, dan Ketua Tim Sukses Ahok-Djarot, Prasetio Edi Marsudi.

Menurut Megawati, meskipun memperoleh suara tertinggi, namun khusus Jakarta harus mendapatkan 50 persen plus satu suara. Saat ini, kata Bu Mega, pihaknya masih menunggu hasil rekapitulasi manual dan perhitungan KPUD Jakarta.

Karenanya, dia memprediksi Ahok-Djarot akan kembali bertarung di putaran kedua. "Saya sudah perintahkan kader-kader partai, saksi, relawan, benar-benar mengamankan suara rakyat sekiranya harus masuk putaran kedua," kata Mega.

Dia juga menyinggung banyak keluhan dari warga yang berkeinginan mencoblos. “Rata-rata keluhannya adalah surat suara sudah habis,” kata Mega.

Karenanya dia sudah melaporkan kepada Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo terkait permasalahan ini.

"Menurut saya, kita tahu Indonesia negara hukum sehingga hak warga negara secara hukum itu sama," katanya.

Nah, dia menjelaskan, hal ini tentu berbeda jika warga tidak datang ke tempat pemungutan suara (TPS). Hal itu bisa dianggap tidak memberikan hak suara atau golongan putih (golput).

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri memastikan jagoan yang diusungnya, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News