Megawati Harap Semangat Jalasveva Jayamahe Terpatri dalam Setiap Hati Prajurit TNI AL

Megawati Harap Semangat Jalasveva Jayamahe Terpatri dalam Setiap Hati Prajurit TNI AL
Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri saat menjadi pembicara kunci Talk Show "Tapak Tilas Ratu Kalinyamat Pahlawan Maritim Nusantara" yang digelar TNI Angkatan Laut, di Jakarta, Kamis (11-8-2022). ANTARA/HO-DPP PDIP

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri mengatakan bahwa kehadiran TNI AL sangatlah penting di dalam menjaga kedaulatan, keselamatan, dan keutuhan NKRI.

Karena itu, doktrin Jalasveva Jayamahe harus terpatri di dalam hati setiap prajurit TNI AL.

"Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, apa yang menjadi semangat Jalasveva Jayamahe, justru di laut kita jaya, harus kita patrikan bersama," kata Megawati saat menjadi pembicara kunci Tapak Tilas Ratu Kalinyamat Pahlawan Maritim Nusantara yang digelar TNI Angkatan Laut di Jakarta, Kamis (11/8).

Ketua umum PDI Perjuangan itu menerangkan Indonesia adalah negara maritim, bukan kontinental. Dengan demikian, hal ini yang harus terus-menerus disosialisasikan.

"Saya sering dipanggil Pak Presiden untuk berdiskusi bahwa sosialisasi untuk menanamkan dan mewariskan pada generasi muda kita bahwa negara kita harus menjadi kebanggaan karena kita terdiri atas tanah dan air," papar dia.

Ketua Dewan Pengarah BRIN itu mengutarakan jiwa sebagai bangsa maritim inilah yang melahirkan kesadaran mengapa bumi pertiwi ini disebut tanah air.

"Jiwa maritim inilah yang menorehkan kebesaran sejarah Nusantara. Sriwijaya, Singasari, Majapahit, Samudra Pasai, dan berbagai kebesaran kerajaan maritim di Sulawesi, Maluku, dan lain-lain telah menjadi bukti betapa hebatnya sejarah peradaban maritim Nusantara," ucapnya.

Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, kata Megawati, harus mampu membangun pengaruhnya melalui laut. Semangat Jalasveva Jayamahe harus terus ditumbuhkembangkan.

Megawati Soekarnoputri menginginkan doktrin Jalasveva Jayamahe terpatri di dalam hati setiap prajurit TNI AL.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News