Megawati: Nyuwun Sewu Ada yang Bisik-Bisik, Ibu Sri Mulyani Ketat apa Pelit?

Megawati: Nyuwun Sewu Ada yang Bisik-Bisik, Ibu Sri Mulyani Ketat apa Pelit?
Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri meminta Menteri Keuangan Sri Mulyani agar tak pelit-pelit untuk rakyat. Bahkan Ketua Umum PDI Perjuangan itu berkali-kali mengucap 'nyuwun sewu' kepada mantan Direktur Bank Dunia itu.

Nyuwun sewu adalah bahasa Jawa yang maknanya adalah kerendahan hati untuk meminta sesuatu. Dalam hal ini adalah agar Sri Mulyani tak pelit-pelit mengeluarkan dana negara bila menyangkut kemanusiaan dan nasib rakyat.

Hal itu terungkap saat Megawati hadir di acara penganugerahan 'Tokoh Pelopor Penguatan dan Modernisasi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika untuk Kemanusiaan dan Lingkungan'.

Megawati menerima anugerah dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) di Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (25/11). Kebetulan, banyak jajaran menteri kabinet yang hadir termasuk Menkeu Sri Mulyani.

Saat itu Megawati bercerita tentang kunjungannya ke BMKG-nya Tiongkok. Di sana, Megawati mendapatkan demo kecanggihan teknologi negeri itu dalam mendeteksi gempa serta penyebaran informasinya ke masyarakat.

"Saya diminta hentakkan kaki kuat-kuat. Lalu alarm bunyi dan tiba-tiba semua alat di situ hidup. Ternyata kuatnya hentakan kaki saya itu 8,7. Jadi inti untuk Ibu Sri. Saya nyuwun, kalau saya pikir, kenapa di RRT itu bisa menyala dan menggambarkan real time-nya dan itu sudah dua menit loh," kata Megawati.

"Kapan kita punya yang begini? Ini saya kayak cerita 1.001 malam. Tapi iya, jangan kalau sudah kejadian baru orang-orang gugup tak jelas," kata Megawati.

Megawati mengaku pihak Tiongkok enggan menjelaskan detail mengenai teknologi itu, karena menjadi rahasia negara.

Megawati Soekarnoputri meminta Menteri Keuangan Sri Mulyani mempertimbangkan dana yang sesuai untuk penanganan bencana di Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News