Megawati Soekarnoputri Bakal Aklamasi Pimpin PDIP Lagi, Itu Kata Mas Pramono ya

Megawati Soekarnoputri Bakal Aklamasi Pimpin PDIP Lagi, Itu Kata Mas Pramono ya
Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung berpose di Jembatan Kalikuto. Foto: Ist

jpnn.com, JAKARTA - Politikus senior PDI Perjuangan Pramono Anung menyatakan bahwa semua kader menginginkan Megawati Soekarnoputri kembali memimpin partai pemenang Pemilu 2019 itu.

Partai berlambang banteng moncong putih itu akan menggelar Kongres V PDIP 8-10 Agustus 2019. Sebelum kongres, partai besutan Bu Mega akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta, Rabu (19/6).

Menurut Pramono, dalam waktu ke waktu kepemimpinan Mega telah terbukti bisa mempertahankan kemenangan partai di pemilu. Terlebih lagi, Mega merupakan sosok pemersatu partai yang memiliki ideologi.

"Tentunya dalam kongres nanti kemungkinan besar Bu Mega akan diminta bersedia untuk dipilih kembali menjadi ketua umum," kata Pramono kepada wartawan di gedung DPR, Jakarta, Selasa (18/6).

BACA JUGA: PDIP Majukan Kongres, Mau Percepat Kemunculan Pengganti Megawati?

Menurut Pramono, proses di internal PDIP mungkin berbeda dengan partai lainnya. "Kami memang betul-betul bottom up," tambahnya.

Karena itu, dia meyakini bahwa seluruh kader PDIP pengin Mega menjadi ketum lagi. Bahkan, Pramono meyakini Mega akan terpilih secara aklamasi menjadi ketum. "Kalau melihat potensi dan juga indikasi karena kami menang pemilu legislatif dengan angka yang signifikan dan menang pilpres, kemungkinan besar akan aklamasi," ungkapnya.

Sekretaris Kabinet itu menambahkan memang ada wacana di PDIP nanti terdapat ketua harian maupun wakil ketua umum. Hanya saja, ujar dia, mekanismenya diserahkan sepenuhnya kepada kongres. Nantinya akan dibahas dalam konferensi daerah konferda) dan konferensi cabang (konferca). "Ya nanti dalam proses ini diusulkan oleh daerah (DPD) dan cabang-cabang (DPC). Mekanisme ini sudah sangat baku dan baik," papar Pramono.

Pramono Anung optimistis bahwa seluruh kader PDI Perjuangan pengin Megawati Soekarnoputri menjadi ketua umum lagi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News