Megawati Ungkap Pesan Bung Karno agar TNI Jangan Lupakan Strategi Perang Gerilya

Megawati Ungkap Pesan Bung Karno agar TNI Jangan Lupakan Strategi Perang Gerilya
Presiden Kelima RI yang juga Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri. Foto/ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputi mengingatkan pesan sang ayah, Proklamator Kemerdekaan RI Bung Karno untuk Tentara Nasional Indonesia (TNI). 

Menurut Megawati, Bung Karno menekankan kepada para TNI agar tidak melupakan strategi perang gerilya.

Strategi itu dulu digunakan para pejuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

"Saya selalu diingatkan ayah saya betapa pentingnya generasi militer itu mengingat strategi perang gerilya," kata Megawati saat peresmian patung Bung Karno di kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, dikutip dari keterangannya, Minggu (6/6).

Megawati mengaku saat menjabat sebagai presiden selalu mengingatkan panglima TNI agar memastikan strategi perang gerilya masuk dalam kurikulum pendidikan prajurit.

"Bila dibayangkan dengan bambu runcing dan bantuan rakyat, dapat merebut kemerdekaan kita, hingga sampai sekarang ini kita diakui sebagai sebuah bangsa merdeka," kata ketua umum PDI Perjuangan itu.

Megawati juga meminta semua pihak agar jangan pernah melupakan UUD 1945 yang mengamanatkan pembangunan keamanan dan pertahanan Indonesia bukan untuk melakukan sebuah penjajahan.

Menurutnya, bangsa Indonesia harus selalu menjaga perdamaian dunia.

Megawati Soekarnoputri mengaku ayahnya, Bung Karno, selalu mengingatkan betapa pentingnya generasi militer untuk mengingat strategi perang gerilya. Megawati saat menjadi presiden juga kerap mengingatkan panglima TNI agar strategi perang gerilya masuk dala

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News