Mei Masih Bisa Alami Deflasi

Kenaikan Pertamax dan Perhiasan Berdampak Kecil

Mei Masih Bisa Alami Deflasi
Mei Masih Bisa Alami Deflasi
JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) memperkirakan masih akan terjadi deflasi di bulan Mei ini. Namun, deflasinya masih lebih kecil dibandingkan April lalu karena kenaikan harga Pertamax dan perhiasan.

    

Kepala BPS Rusman Heriawan mengatakan, harga kebutuhan pokok masih relatif turun, kecuali beras dan gula. "Kesimpulan akhirnya, potensi deflasi masih sangat besar walaupun mungkin lebih kecil potensinya dibanding bulan lalu. Tapi potensinya ada," kata Rusman di Jakarta, Jumat (27/5).

Dia mengatakan, bobot harga Pertamax terhadap inflasi masih cukup kecil. Kenaikan harga perhiasan terutama emas juga memiliki bobot yang kecil. "Kalau harga beras itu positif akan menciptakan inflasi," kata Rusman.

Dalam APBN 2011, inflasi ditargetkan terkendali di level 5,3 persen. Dalam Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal 2012, pemerintah menyebutkan inflasi tahun 2011 bisa lebih tinggi di posisi 6,0 persen.

JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) memperkirakan masih akan terjadi deflasi di bulan Mei ini. Namun, deflasinya masih lebih kecil dibandingkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News