Meletus Usai Gubernur Cek Jalur Evakuasi

Meletus Usai Gubernur Cek Jalur Evakuasi
Meletus Usai Gubernur Cek Jalur Evakuasi
BOYOLALI -- Ratusan warga di lereng Merapi, Desa Klakah, Kecamatan Selo, Boyolali, sudah mulai diungsikan sejak tadi malam. Namun, petugas gabungan mengalami kesulitan lantaran kondisi hujan deras. Sehingga, mobil terbuka pengangkut warga harus ekstra hati-hati.

Warga Dusun Bangunsari, Desa Klakah, Kacamatan Selo, mulai dievakuasi ke tempat pengungsian sementara di balai desa setempat. Warga dusun tersebut mulai evakuasi sejak Selasa petang sekitar pukul 18.30, setelah terdengar letusan beberapa kali Gunung Merapi dan terlihat mengeluarkan asap cokelat dari puncak. "Di tengah evakuasi hujan mengguyur," kata Ketua RT 4, Dusun Bangunsari, Desa Klakah, Sardiyanto, 45.

Dalam proses evakuasi, petugas mendahulukan warga lanjut usia, wanita  dan anak-anak. Sedangkan pria masih bersiaga di desanya sembari membantu evakuasi. Menurut Sardiyanto, Dusun Bangunsari sebanyak 35 kepala keluarga, mereka diungsikan di Balai Desa Jrakah. "Warga kini yang tinggal di dusun hanya beberapa orang untuk berjaga-jaga di kampung," katanya.

Menurut dia, ledakan tersebut membuat warga langsung berlarian ke Tempat Pengungsian Sementara (TPS) Balai Desa Jrakah. Sementara sebagian masih bertahan di dusun untuk ronda malam. Mengenai terjadinya hujan abu, kata dia, warga tidak mengetahui karena kondisi sudah malan tidak dapat melihat apakah ada hujan abu karena ledakan Merapi itu.

BOYOLALI -- Ratusan warga di lereng Merapi, Desa Klakah, Kecamatan Selo, Boyolali, sudah mulai diungsikan sejak tadi malam. Namun, petugas gabungan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News