Melihat Orang Utan, Santai di Pantai

Melihat Orang Utan, Santai di Pantai
Melihat Orang Utan, Santai di Pantai

jpnn.com - KABUPATEN Kotawaringin Barat (Kobar) merupakan salah satu daerah yang memiliki potensi pariwisata yang besar di Indonesia. Daerah di bagian barat Kalimantan Tangah (Kalteng) tersebut mempunyai beberapa tempat yang menarik untuk dikunjungi.

*****

Dalam beberapa tahun ini, Taman Nasional Tanjung Puting menjadi wisata andalan Kobar. Pada Januari–Juli, berdasar data Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kobar, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara mencapai lima ribu orang.

Objek wisata di kawasan Desa Sekonyer, Kecamatan Kumai, itu mempunyai daya tarik tersendiri karena memperlihatkan orang utan. Untuk bisa mencapai objek wisata tersebut, para wisatawan harus melewati rute perjalanan dari pusat Kota Pangkalan Bun menuju Pelabuhan TNTP di Kecamatan Kumai. Jika naik kendaraan roda dua atau empat, para wisatawan akan menghabiskan sekitar 30 menit.

Sesampainya di Pelabuhan TNTP, para wisatawan berangkat menggunakan kelotok (sebutan kapal kecil dari warga Kobar) yang telah disiapkan warga untuk menuju lokasi wisata di Desa Sekonyer. Perjalanan tersebut memakan waktu lebih dari dua jam. Jika menggunakan speedboat, keberangkatan dari Pelabuhan TNTP menuju ke lokasi objek wisata hanya memakan waktu lebih dari sejam. Setelah menikmati objek wisata TNTP, para wisatawan bisa menyempatkan diri bersantai dan menjelajahi objek wisata lain di Kobar. Antara lain, situs peninggalan bersejarah.

Situs itu berada di dua tempat. Situs peninggalan kerajaan pertama, yakni situs berdirinya kesultanan Kutaringin, berada di Kelurahan Kotawaringin Lama Hilir, Kecamatan Kotawaringin Lama (Kolam). Untuk jarak tempuh menuju lokasi, para wisatawan akan menghabiskan waktu lebih dari sejam dari pusat Kota Pangkalan Bun jika menggunakan kendaraan roda empat atau dua.

Situs peninggalan kerajaan kedua yang disebut Istana Kuning berada di pusat jantung Kota Pangkalan Bun. Di situs tersebut para wisatawan bisa langsung berkunjung lantas berdialog dengan para penggelola kerajaan.

Sementara itu, objek wisata pantai memanjang dari Desa Kubu, Teluk Bogam, dan Keraya, Kecamatan Kumai. Objek wisata itu bisa dinikmati hanya dengan menempuh perjalanan lebih dari sejam dari pusat Kota Pangkalan Bun menuju lokasi desa.

KABUPATEN Kotawaringin Barat (Kobar) merupakan salah satu daerah yang memiliki potensi pariwisata yang besar di Indonesia. Daerah di bagian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News