Melli

Oleh Dhimam Abror Djuraid

Melli
Bendera Republik Islam Iran. Foto: arsip JPNN.com

jpnn.com - PERANG peradaban di Piala Dunia Qatar berlanjut. Kali ini Iran memenangi perang sejarah melawan Wales.

Dua negara itu memiliki tradisi peradaban yang berbeda. Iran dari Persia, sedangkan Wales dari jantung Eropa.

The Melli menggorok The Dragon dua gol tanpa balas dalam pertandingan pada Jumat (25/1).

Baca Juga:

Tim Melli -artinya tim nasional dalam bahasa Persia- melanjutkan tren kemenangan Asia atas tim-tim raksasa Eropa dan Amerika Latin. Setelah Arab Saudi menumbangkan Argentina dan Jepang menjegal Jerman, Iran menyusul dengan menumbangkan Wales.

Iran sukses mengukir sejarah baru dengan meraih kemenangan pertama atas lawan Eropa di Piala Dunia. Pertandingan berjalan ketat dan mendebarkan.

Pertempuran yang keras dan saling serang mengalami stalemate atau jalan buntu sampai lima menit terakhir ketika satu pemain belakang Wales diusir ke luar lapangan setelah menerima kartu merah.

Baca Juga:

Pertahanan Wales langsung goyah. Iran melihat lubang kelemahan itu sekaligus mengeksploitasinya dengan dua gol Rouzbeh Cheshmi dan Ramin Rezaeian Semeskandi di injury time.

Hasil itu membuat Iran naik ke peringkat dua Grup B dengan tiga poin dari dua laga, sementara Wales terperosok menjadi juru kunci dengan satu poin.

Di dalam negeri, Iran tengah menghadapi gejolak politik karena demonstrasi luas menentang aturan berhijab bagi perempuan. Gejolak itu menjalar sampai Qatar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News