Melli Darsa: Negara Maju karena Perempuan Berdaya

Melli Darsa: Negara Maju karena Perempuan Berdaya
Diskusi Perempuan dan Keadilan di Indonesia yang digelar FHUI Empowerment bersama Jurnal Perempuan. Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Komunitas Alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI) yang dikenal juga dengan FHUI Empowerment, berkolaborasi dengan Jurnal Perempuan menggelar diskusi bertema ‘Perempuan dan Keadilan di Indonesia’, di Jakarta, Minggu (23/2).

Diskusi ini digelar untuk meningkatkan kesadaran bersama bahwa kesetaraan gender merupakan hal penting yang menjadi kunci kemajuan suatu bangsa.

Salah satu pendiri komunitas FHUI Empowerment sekaligus moderator acara, Melli Darsa menyampaikan, keadilan untuk perempuan di Indonesia saat ini masih jauh dari harapan. Padahal, hal tersebut merupakan salah satu syarat penting dalam mewujudkan kemajuan Indonesia.

“Semua negara maju itu pasti karena perempuannya berdaya. Berdaya secara politik, ekonomi, dan lainnya,” kata Melli.

Lebih lanjut, wanita yang juga adalah pendiri firma hukum Melli Darsa & Co (anggota jaringan global PriceWaterhouse Coopers) itu mengatakan bahwa kesetaraan gender harus menjadi fokus pemerintah dalam menyongsong dan mewujudkan Indonesia emas yang bertepatan dengan 100 tahun Indonesia merdeka pada 2045.

Melli berharap, diskusi ini dapat meningkatkan kesadaran bersama bagi pemerintah, khususnya bagi legislatif sehingga dapat melahirkan produk legislasi yang benar-benar mampu memberikan rasa keadilan untuk kaum perempuan.

“Keadilan untuk perempuan itu penting walau faktanya keterwakilan itu masih rendah, karena Indonesia tidak mungkin maju jika perempuannya tidak berdaya,” ungkap Melli.

Sependapat dengan Melli, Direktur Eksekutif Jurnal Perempuan, Atnike Nova Sigiro mengatakan bahwa bentuk perlindungan terhadap perempuan dapat diwujudkan dengan cara membukakan mereka ruang sepenuhnya untuk mengungkapkan aspirasi, kreativitas, serta hak berkembang dan beraktualisasi, sama seperti halnya laki-laki.

Komunitas Alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI) yang dikenal juga dengan FHUI Empowerment, berkolaborasi dengan Jurnal Perempuan menggelar diskusi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News