Meluas, Desakan Bos IMF Dipilih dari Luar Eropa

Swiss Mendukung, Inggris-Prancis Jagokan Lagarde

Meluas, Desakan Bos IMF Dipilih dari Luar Eropa
Meluas, Desakan Bos IMF Dipilih dari Luar Eropa
JENEWA - Bursa calon pengganti Dominique Strauss Kahn sebagai direktur pelaksana (managing director) IMF (Dana Moneter Internasional) terus menimbulkan polemik. Bahkan, kini meluas desakan agar pucuk pimpinan IMF tak hanya dipilih dari Eropa.

Misalnya, Australia dan Afrika Utara telah meminta agar pemilihan pimpinan lembaga donor internasional tersebut tak lagi didasarkan pada status kewarganegaraan seseorang. Alasannya, kebijakan itu justru merusak legitimasi IMF.

Berdasar konsensus yang berlaku lama antara Eropa dan Amerika Serikat (AS), IMF akan selalu dipimpin tokoh dari benua biru. Sedangkan wakil Amerika akan memimpin Bank Dunia (World Bank).

Banyak kalangan dan negara yang menggugat konsensus dan tradisi tersebut. Kekuatan ekonomi baru, seperti Brazil dan Tiongkok, telah menyerukan agar konsensus seperti itu diakhiri. Mereka juga mendesak agar kandidat dari negara berkembang diberi kesempatan memimpin. Masalahnya, negara-negara berkembang belum memiliki suara bulat soal satu calon yang mereka sepakati bersama.

JENEWA - Bursa calon pengganti Dominique Strauss Kahn sebagai direktur pelaksana (managing director) IMF (Dana Moneter Internasional) terus menimbulkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News