Meluas Dukungan Konservasi Kura-kura Punk Khas Australia

Meluas Dukungan Konservasi Kura-kura Punk Khas Australia
Meluas Dukungan Konservasi Kura-kura Punk Khas Australia

Komunitas punk terkenal dengan kebersamaan dan ikatan persaudaraan yang erat di kalangan anggotanya. Dan ikatan itu juga berlaku bagi kura-kura di Sungai Mary Queensland yang memiliki penampilan punk seperti mereka.

Rambut mohawk berwarna hijau dibagian kepala menjadi tampilan khas dari kura-kura yang hanya bisa ditemukan di Sungai Mary di sebelah tenggara Queensland.

Rambut punk mohawk itu sebenarnya adalah ganggang algae yang tumbuh di bagian kepalanya.

Reptil ini juga dikenal memiliki kemampuan untuk mengambil oksigen dari air melalui struktur yang mirip insang di kloaka atau alat kelaminnya dan merupakan salah satu spesies terbesar di Australia.

Keberadaan satwa yang dijuluki 'kura-kura punk yang bernafas' ini mencuri perhatian dunia setelah foto salah satu hewan ini dengan rambut alga ala mohawk dan duri di bawah dagunya berhasil diambil oleh fotografer Sunshine Coast, Chris Van Wyk dan mendapat perhatian dunia.

Dan awal tahun lalu, Zoological Society of Evolutionary Distinct and Globally Endangered menempatkan kura-kura punk di urutan ke-29  dalam daftar hewan yang paling terancam punah.

Hal inilah yang kemudian memicu kepedulian dari komunitas punk di Melbourne Victoria.

Meluas Dukungan Konservasi Kura-kura Punk Khas Australia Photo: Foto kura-kura di Sungai Mary hasil bidikan Chris Van Wyk ini telah digunakan secara internasional untuk meningkatkan kepedulian terhadap kelestarian kura-kura di Sungai Mary Queensland. (Supplied: Chris Van Wyk)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News