Memalukan! Mantan Presiden Brasil Jadi Buronan Kasus Korupsi

Memalukan! Mantan Presiden Brasil Jadi Buronan Kasus Korupsi
GURU DAN MURID: Luiz Inacio Lula da Silva (kanan) dan Dilma Rouseff, dua mantan presiden Brasil yang kini menjadi terdakwa korupsi. Foto: Reuters

jpnn.com - Jika di Korea Selatan ada Park Geun Hye, maka Brasil punya Luiz Inacio Lula da Silva. Bekas presiden Negeri Samba itu sekarang jadi buronan setelah terbukti terlibat skandal korupsi Car Wash.

Kemarin, Jumat (6/4), Mahkamah Agung (MA) Brasil memberikan waktu kepada Luiz Inacio Lula da Silva sampai pukul 17.00 waktu setempat (03.00 WIB) untuk menyerahkan diri.

Jika tidak, MA akan menerbitkan surat perintah penangkapan kepada sang mantan presiden.

”Kami memberikan kesempatan kepada terdakwa untuk menyerahkan diri dengan sukarela karena dia adalah mantan presiden,” kata hakim federal Sergio Moro seperti dikutip BBC.

Namun, Lula memilih melewatkan tawaran tersebut. Sampai batas waktu yang ditentukan habis, batang hidungnya tetap tidak terlihat.

Kamis (5/4) MA menjatuhkan vonis 12 tahun penjara kepada tokoh 72 tahun itu setelah terbukti terlibat dalam skandal korupsi Car Wash.

Lula menganggap vonis tersebut berbau politik karena saat ini dirinya unggul dalam polling pemilu.

Sejak vonis dibacakan, para pendukung Lula berunjuk rasa. Dua ribu warga menggelar aksi protes di kampung halaman Lula di Sao Bernardo do Campo. Mereka mendesak pemerintah membebaskan Lula.

Jika di Korea Selatan ada Park Geun Hye, maka Brasil punya Luiz Inacio Lula da Silva. Bekas presiden Negeri Samba itu sekarang berstatus buronan kasus kourpsi

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News