Membangun Pasar, Memajukan Perekonomian Lokal

Oleh: Nasrul Hadi

Membangun Pasar, Memajukan Perekonomian Lokal
Ilustrasi pasar. Foto : Ricardo

jpnn.com - Selama dinakhodai oleh Gibran Rakabuming Raka, pembangunan Kota Solo terus meningkat signifikan.

Hal ini dibuktikan dengan masifnya proyek prioritas yang dikerjakan di wilayah tersebut, misalnya revitalisasi Taman Balekambang, Elevated Rail Simpang Joglo, penggarapan Museum of Culture and Technology, proyek hibah dari pemerintah Uni Emirat Arab (UAE) berupa pembangunan Masjid Sheikh Zayed dan PLTSa Putri Cempo.

Keberhasilan ini lantas memantik salah seorang cawapres yang juga ikut berkompetesi dengan Gibran pada pagelaran pemilihan presiden (Pilpres) 2024 nanti, yaitu Muhaimin Iskandar atau akrab disapa Cak Imin, menanyakan perihal kiat-kiat apa yang digunakan oleh Gibran dalam membangun kota tersebut.

Selain contoh-contoh di atas, tulisan ini bertujuan untuk mengelaborasi pembangunan apa saja yang telah dicapai oleh Gibran, terutama dalam aspek pembangunan pasar tradisional, sepanjang menjadi pimpinan kota tersebut.

Pembangunan Pasar

Pada aspek pembangunan pasar, Gibran tercatat tengah menggarap dua pasar, yaitu Pasar Mebel Gilingan dan Pasar Jongke.

Dua pasar tersebut pembangunannya mulai digencarkan sejak tahun 2023 ini.

Pasar Mebel Gilingan yang berlokasi di kawasan bekas pemakaman Bong Mojo, Jebres, Solo ini dibangun oleh Gibran dengan anggaran yang tidak tanggung-tanggung, yaitu berkisar pada angka Rp 22 miliar.

Selama dinakhodai oleh Gibran Rakabuming Raka, pembangunan Kota Solo terus meningkat signifikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News