Membayangkan Tepian Hu Toba dari Sudut Xi Hu

Membayangkan Tepian Hu Toba dari Sudut Xi Hu
Danau Toba. Foto: dokumen Sumut Pos

jpnn.com - HANGZHOU – Isyarat dari Presiden Joko Widodo yang di-mention ke Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya soal manajemen destinasi prioritas Danau Toba ternyata tepat. Untuk menimba ilmu memang harus dilakoni meski jauh.

Contohnya adalah rombongan Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi, Bupati Toba Samosir Darwin Siagian, Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor, dan Bupati Samosir Rapidin Simbolon yang diajak berguru ke Tiongkok. Mereka diajak berguru ke  Danau Xi Hu di Hangzhou, Provinsi Zhejiang, Tiongkok.

Tujuannya untuk mempercepat upaya menyulap Danau Toba menjadi destinasi kelas dunia. Kunjungan itu diharapkan memacu semangat untuk mengembangkan Danau Toba.

Menpar Arief Yahya memang tidak ikut dalam rombongan Presiden Joko Widodo di G-20 Summit 4-5 September 2016 yang digelar di Hangzhou, sebuah kota danau yang dikelilingi pegunungan, pepohonan hijau dan banyak atraksi pariwisata yang menyedot perhatian publik. Tahun 2015, danau yang dikenal dengan West Lake atau Xi Hu itu didatangi 120 juta wisatawan domestik, dan 3 juta wisatawan asing.

 Xi dalam bahasa Mandarin artinya Barat. Hu artinya Danau.

“Di tengah kesibukan KTT G-20 itu, Presiden Jokowi mengamati detail atraksi di danau itu. Dari manajemen kawasan, infrastruktur, naik kapal berkeliling, sampai nonton show Impression West Lake yang dikreasi oleh Zhang Yimou,” kata Arief.

Tak lama setelah mendengar cerita Presiden Jokowi tentang Danau Xi Hu, Arief pun langsung mengajak Gubernur Sumut dan seluruh bupati di yang wilayah Danau Toba untuk merasakan sendiri sensasi wisata di Hangzhou. Dari tujuh bupati, tiga di antaranya ikut terbang ke Shanghai, lalu naik hi-speed train sekitar satu jam ke Hangzhou.

Yang lain, diwakilkan.  Rabu (12/10), rombongan diterima Wali Kota Hangzhou, Zhang Hongming, Sekjen Kota Hangzhou Wang Hong, Deputi Sekjen Hangzhou Yu Yiping, Director Hangzhou Tourism Commission Li Hong, Direktor Hangzhou Tourism Commission Li Hong, Direktor West Lake Scenic Area Managing Committee Liu Ying, dan Deputy Director Hangzhou Foreign Affairs Office Kong Desheng.

HANGZHOU – Isyarat dari Presiden Joko Widodo yang di-mention ke Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya soal manajemen destinasi prioritas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News