Membelot dari ISIS, 40 Militan Gabung Oposisi Syria

Membelot dari ISIS, 40 Militan Gabung Oposisi Syria
Militan ISIS. Foto: aranews

jpnn.com - ALEPPO - Kelompok oposisi di Syria dilaporkan telah memfasilitasi 40 orang militan yang desersi atau lari dari ISIS di Aleppo, utara Syria.

"Ada kontak rahasia antara faksi-faksi oposisi dan anggota ISIS selama dua bulan terakhir. Upaya ini berhasil mengakibatkan pembelotan 40 militan ISIS dengan dukungan dari Faylaq al-Sham (kelompok oposisi Syria utama di Aleppo)," ujar juru bicara kelompok oposisi Ali Jaafar, seperti dilansir dari media Syria, Ara News, Minggu (6/3).

Jaafar mengungkap, selama ini proses pembelotan tersebut sangat rahasia. "Karena kerahasiaan itulah operasi ini berhasil. Para pejuang yang lari dari ISIS sekarang berada di lokasi yang aman," kata Jaafar.

Kini para desertir ISIS itu berada dalam pengamatan ketat kelompok oposisi, untuk memastikan mereka tidak akan melanggar prinsip-prinsip kesepakatan.

Membelotnya 40 ISIS ke kelompok oposisi ini terjadi hanya beberapa hari setelah koalisi barat menyerang sejumlah kantong ISIS di Harbal, utara Aleppo.

Ya, di Aleppo ini masyarakat setiap harinya dihantui perang atau kontak senjata yang melibatkan kelompok bersenjata yang berbeda-beda. (adk/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News