Menag 'Disambut' Calhaj Nonkuota

Menag 'Disambut' Calhaj Nonkuota
Menag 'Disambut' Calhaj Nonkuota
MAKKAH - Ada pemandangan menarik saat Menteri Agama Suryadharma Ali tiba di kantor Misi Haji Indonesia di Makkah, Arab Saudi, Rabu (26/10) pagi waktu setempat. Baru saja masuk, dia melihat ada seorang calon haji (calhaj) usia lanjut duduk di kursi setelah pintu masuk kantor lengkap dengan pakaian ihram.

Spontan Suryadharma yang datang bersama rombongan menghampirinya dan bertanya. Ternyata, calhaj itu adalah nonkuota. Dia dibawa ke kantor Misi Haji Indonesia oleh petugas setelah tersesat dan tertinggal oleh rombongannya."Dari Malang," jawab pria yang belakangan diketahui bernama Abdul Raji Ratimin itu.

Raji yang lebih banyak diam dan beberapa kali berkomunikasi menggunakan bahasa Jawa saat ditanya itu bercerita, dia ikut haji nonkuota dengan biaya Rp 63 juta. Dia bersama rombongan yang jumlahnya 7 orang berangkat dari Indonesia pada 24 oktober. "Ikut Haji Gufron," jawabnya ketika ditanya siapa ketua rombongan yang mengajaknya.

Karena tidak jelas di mana pemondokannya, dan tidak dilengkapi gelang atau identitas lainnya seperti calhaj resmi yang pemberangkatannya melalui Kementerian Agama, setelah Suryadarma Ali masuk ke ruang rapat, petugas kemudian mengantarnya ke Masjidil Haram.

MAKKAH - Ada pemandangan menarik saat Menteri Agama Suryadharma Ali tiba di kantor Misi Haji Indonesia di Makkah, Arab Saudi, Rabu (26/10) pagi waktu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News