Menaker Ida Fauziyah Ajak ASEAN Tingkatkan Kerja Sama dan Kolaborasi Kembangkan SDM

Menaker Ida Fauziyah Ajak ASEAN Tingkatkan Kerja Sama dan Kolaborasi Kembangkan SDM
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah bersama Dirjen ILO Gilbert Huongbo pada acara pada The 2023 ASEAN Labour Ministers' Breakfast Meeting, Jenewa, Swiss, Selasa (13/6). Foto: Dokumentasi Humas Kemnaker

jpnn.com, JENEWA - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengajak negara-negara ASEAN meningkatkan kerja sama dan kolaborasi pengembangan sumber daya manusia (SDM).

Langkah tersebut perlu dilakukan guna mendorong peningkatan daya saing kawasan ASEAN terhadap ekonomi global.

"Langkah-langkah penting perlu dilakukan untuk mempromosikan daya saing dan inovasi kita, meningkatkan partisipasi kita dalam rantai nilai global, serta meningkatkan kesejahteraan dan mata pencaharian masyarakat ASEAN," kata Menaker Ida Fauziyah pada The 2023 ASEAN Labour Ministers' Breakfast Meeting, Jenewa, Swiss, Selasa (13/6).

The 2023 ASEAN Labour Ministers' Meeting adalah pertemuan tahunan dan pada tahun ini Indonesia memegang Keketuaan ASEAN 2023.

Pertemuan tersebut dihadiri Menaker Brunei Darussalam, Menaker Malaysia, Wamenaker Laos, Wamenaker Filipina, Pejabat Perwakilan dari Negara Kamboja, Myanmar, Thailand, Vietnam, dan Dirjen ILO Gilbert Huongbo.

Menteri Ida mengatakan ASEAN adalah wilayah dengan lebih dari 600 juta penduduk dan PDB gabungan lebih dari USD 3 triliun.

Menurutnya, dengan adanya kerja dan kolaborasi antarnegara ASEAN maka akan membantu pada pencapaian tujuan bersama, yakni memajukan keadilan sosial dan mempromosikan pekerjaan yang layak untuk semua.

"Mengembangkan SDM melalui pembelajaran sepanjang hayat dan optimalisasi pemanfaatan teknologi untuk pemberdayaan masyarakat ASEAN merupakan tujuan bersama ASEAN," tegas Menaker Ida.

Kolaborasi dan kerja sama merupakan poin penting dalam meningkatkan kesejahteraan dan mata pencarian masyarakat ASEAN

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News