Menaker Ida Fauziyah Bersyukur Tingkat Pengangguran Terbuka Menurun, Ini Datanya

Menaker Ida Fauziyah Bersyukur Tingkat Pengangguran Terbuka Menurun, Ini Datanya
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah saat menghadiri acara wisuda Politeknik Ketenagakerjaan 2023 di Balai Sudirman Jakarta, Sabtu (11/11). Foto: Dokumentasi Humas Kemnaker

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyampaikan rasa syukurnya lantaran angka tingkat pengangguran terbuka di Indonesia terus menurun.

Dia menyebutkan berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) per Agustus 2023 menunjukkan ada 147,7 juta angkatan kerja di Indonesia dengan penduduk yang bekerja mencapai 139,8 juta orang.

Menurutnya, kondisi perekonomian dan ketenagakerjaan juga terus menuju ke arah perbaikan di mana angka tingkat pengangguran terbuka sebesar 5,32 persen.

Angka tersebut mengalami penurunan sebesar 0,54 persen dibanding tahun lalu dan semakin mendekati angka sebelum pandemi.

"Capaian ini patut disyukuri dengan cara terus bekerja keras, karena jumlah penganggur terbuka secara kuantitas masih cukup besar, yaitu sebesar 7,86 juta orang," kata Menaker Ida Fauziyah saat menyampaikan orasi ilmiah pada wisuda Politeknik Ketenagakerjaan 2023 di Balai Sudirman Jakarta, Sabtu (11/11).

Lebih lanjut Menaker Ida mengatakan dunia ketenagakerjaan terus mengalami tren perubahan dan transformasi, salah satunya lapangan kerja yang semakin terkonsentrasi di perkotaan.

Menurut Menaker Ida, hal tersebut merupakan sebuah tren yang menarik dan mencerminkan perubahan drastis dalam struktur ketenagakerjaan.

Transformasi ketenagakerjaan lainnya yaitu lapangan kerja pada usaha sekunder dan tersier cenderung meningkat.

Menaker Ida Fauziyah menyampaikan berdasarkan data BPS per Agustus tingkat pengangguran terbuka mengalami penurunan sebesar 0.54 persen dibanding tahun lalu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News