Menaker Ida Fauziyah Dukung Kerja Sama dengan UIN Sunan Kalijaga untuk Program MBKM

Menaker Ida Fauziyah Dukung Kerja Sama dengan UIN Sunan Kalijaga untuk Program MBKM
Menaker Ida Fauziyah saat menerima kunjungan Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Prof Al Makin di Kantor Kemnaker, Jakarta, Kamis (17/3). Foto: Dokumentasi Kemnaker

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menyambut positif tawaran kerja sama dari Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta dalam pelaksanaan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), termasuk pemagangan mahasiswa.

"Saya senang dengan program MBKM ini sebagai salah satu upaya mengurai dunia ketenagakerjaan yang sering terjadi mismatch atau ketidaksesuaian antara supply dan demand," kata Menaker Ida Fauziyah di Kantor Kemnaker, Jakarta, Kamis (17/3).

Saat menerima Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Prof Al Makin, Menaker Ida Fauziyah meyakini upaya kerja sama MBKM berkontribusi pada penurunan tingkat pengangguran angkatan kerja berbasis S1 dan diploma.

Dia mengungkapkan angkata kerja berbasis S1 dan diploma setiap tahun menyumbang sebanyak 1,2 juta orang pengangguran.

Karena itu, Menaker Ida Fauziyah berharap melalui kerja sama ini juga tercipta link and match antara dunia pendidikan dan dunia kerja.

"Saya sangat mendukung upaya UIN Sunan Kalijaga menyiapkan calon tenaga kerja yang benar-benar siap menghadapi pasar kerja dua hingga tiga tahun mendatang, termasuk menghadapi kesiapan mereka memilih menjadi seorang wirausaha," ujar mantan Anggota DPR itu.

Salah satu tujuan program MBKM, yaitu membangun persahabatan mahasiswa antardaerah, suku, budaya, dan agama, sehingga meningkatkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa.

Beberapa bentuk kegiatan belajar yang dapat dilakukan, seperti pertukaran mahasiswa antarprogram studi (prodi) pada kampus yang sama, pertukaran mahasiswa dalam prodi yang sama pada kampus yang berbeda, dan pertukaran mahasiswa antarprodi pada kampus yang berbeda.

Menaker Ida Fauziyah mendukung rencana kerja sama dengan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta untuk program MBKM maupun pemagangan mahasiswa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News