Menaker Ida Sebut Potensi Sumber Daya Alam Bisa Digali dengan Memaksimalkan SDM

Menaker Ida Sebut Potensi Sumber Daya Alam Bisa Digali dengan Memaksimalkan SDM
Menaker Ida dan Bupati Sumedang Donny Ahmar Munir saat audiensi Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir, di Ruang Kerja Kemnaker, Jakarta, Kamis (25/3). Foto: Humas Kemnaker

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyatakan, potensi sumber daya alam atau SDA dapat digali lebih dalam lagi untuk dimaksimalkan pemanfaatannya oleh SDM di daerah.

Dia pun berharap dapat menciptakan wirausaha baru maupun lanjutan, yang pada akhirnya mendorong terciptanya perluasan kesempatan kerja.

"Pengembangan jejaring kerja sama antara Pemerintah Daerah dengan stakeholder terkait penempatan tenaga kerja perlu dijalin secara konsisten sehingga masing-masing pihak dapat berkontribusi secara maksimal sesuai dengan peran dan fungsinya masing-masing, " kata Ida saat menerima audiensi Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir dan Wali Kota Sawahlunto, Deri Asta secara terpisah di Ruang Kerja Kemnaker, Jakarta, Kamis (25/3).

Dia menjelaskan, Kementerian Ketenagakerjaan mendukung upaya Pemerintah Daerah (Pemda) menurunkan pengangguran.

Hal itu dilakukan melalui berbagai program yang sesuai dengan karakteristik demografi daerahnya.

Menurut dia, program yang dilaksanakan daerah diusahakan bersinergi dengan program Kemnaker.

"Yakni program-program yang mendorong penempatan tenaga kerja baik di dalam hubungan kerja maupun di luar hubungan kerja, untuk penempatan tenaga kerja di dalam negeri maupun luar negeri,"

Ida Fauziyah menjelaskan, pemda dapat mengoptimalkan SDM yang ada di daerah untuk masuk ke pasar kerja melalui mekanisme Antar Kerja Antar Daerah (AKAD), Antar Kerja Lokal (AKL), maupun Antar Kerja Antar Negara (AKAN).

Menaker Ida menyatakan, potensi sumber daya alam atau SDA dapat digali lebih dalam lagi untuk dimaksimalkan pemanfaatannya oleh SDM di daerah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News