Menaker Ida Ungkap Keuntungan Program Pemagangan Tenaga Kerja Indonesia-Jepang, Simak

Menaker Ida Ungkap Keuntungan Program Pemagangan Tenaga Kerja Indonesia-Jepang, Simak
Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah mengungkapkan Indonesia-Jepang akan terus menjalin hubungan yang baik melalui berbagai program. Foto: dok Kemnaker

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah mengungkapkan Indonesia-Jepang akan terus menjalin hubungan yang baik melalui berbagai program yang dikerjasamakan, termasuk program pemagangan.

Hal itu diungkapakan Menaker Ida pada acara Graduation Ceremony Techincal Intern Training Program in Japan Batch 12 yang diselenggarakan PT Panasonic Manufacturing Indonesia di Jakarta Timur, Rabu (27/3/2024)

"Program pemagangan tenaga kerja Indonesia ke Jepang merupakan kerja sama yang menguntungkan kedua negara," ucap Menaker.

Dia menegaskan, saat ini Indonesia tengah mengalami bonus demografi yang penduduknya didominasi usia produktif.

Kondisi tersebut membuat Indonesia berkewajiban untuk terus fokus meningkatkan skill dan etos kerja para angkatan kerjanya.

"Sehingga kami berharap dengan bonus demografi ini akan seperti Jepang yang karena pernah mendapat bonus demografi mengantarkan Jepang menjadi negara maju. Harapannya satu abad Indonesia nanti kita akan menjadi negara maju," ucapnya.

Menurutnya, keadaan Indonesia tersebut berbalik dengan Jepang yang saat ini sedang mengalami aging population atau era penduduk berusia lanjut.

Jepang pun mau tidak mau sedang membutuhkan penduduk usia produktif untuk membantu menggerakkan perekonomiannya.

Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah mengungkapkan Indonesia-Jepang akan terus menjalin hubungan yang baik melalui berbagai program.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News