Menaker Sebut Industrialisasi dan Percepatan Kompetensi SDM Harus Seimbang

Menaker Sebut Industrialisasi dan Percepatan Kompetensi SDM Harus Seimbang
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyebut pesatnya industrialisasi harus diimbangi dengan percepatan peningkatan kompetensi SDM. Foto: Kemenaker

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyebut pesatnya industrialisasi harus diimbangi dengan percepatan peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM).

Dia berharap masyarakat di sekitar industri dapat merasakan manfaat sebesar-besarnya dari industrialisasi.

Hal tersebut disampaikan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah saat menyaksikan proses Serah Terima Hibah Lahan dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara kepada Kementerian Ketenagakerjaan untuk perluasan BLK Kendari. Proses serah terima lahan seluas 4,6 hektare tersebut berlangsung di BLK Kendari, Jumat (26/11/2021).

"Pembangunan SDM kompeten tidak bisa dikerjakan oleh pemerintah pusat saja. Ini adalah kerja bersama pemerintah pusat dan daerah. Ditambah lagi sinergi antara pemerintah daerah dan dunia industri," kata Menaker Ida.

Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Sulawesi Tenggara memang masih berada di bawah rata-rata nasional.

Kendati demikian, profil pendidikan angkatan kerja masih banyak diisi pendidikan menengah ke bawah yang mencapai 46 persen.

Di sisi lain, Sulawesi Tenggara yang saat ini menjadi salah satu daerah dengan perkembangan industrialisasi yang cepat.

Oleh karena itu, Ida menyebut harus segera mengimbangi industrialisasi tersebut dengan penyiapan SDM kompeten sesuai kebutuhan industri.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyebut pesatnya industrialisasi harus diimbangi dengan percepatan peningkatan kompetensi SDM.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News