Menakertrans Bidik Pasar Tenaga Kerja Formal

Menakertrans Bidik Pasar Tenaga Kerja Formal
Menakertrans Bidik Pasar Tenaga Kerja Formal
JAKARTA- Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi membidik peluang pasar tenaga kerja formal. Peluang pasar untuk tenaga kerja formal atau semi informal ini dinilai masih banyak. "Selama ini Indonesia lebih fokus mengirimkan tenaga kerja domestik atau pembantu rumah tangga. Yang formal masih kurang dilirik," kata Muhaimin Iskandar pada JPNN.

Dengan mengirimkan tenaga kerja formal, lanjutnya, sumber devisa negara semakin besar. Selain itu, dengan mengalihkan tenaga kerja PRT ke formal, akan meningkatkan citra Indonesia. "Tidak enak juga kalau kita dicap hanya bisa mengekspor tenaga PRT. Padahal kita punya tenaga kerja formal yang kualitas baik dan bisa bersaing," ucapnya.

Hanya saja upaya pemerintah mengalihkan pasar tenaga kerja ini menghadapi banyak kendala. Di antaranya belum maksimalnya peran atase ketenagakerjaan dalam menjalankan tugasnya. Sehingga peluang pasar yang ada, belum bisa dimanfaatkan secara maksimal di beberapa negara penempatan TKI.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Muhaimin mengatakan, pihaknya telah melakukan pembinaan terus menerus pada atase ketenagakerjaan. Di samping meningkatkan hubungan bilateral dengan negara-negara penempatan dalam koridor peluang pasar kerja. "Kami akan aktif berpartisipasi dalam pameran bursa kerja di empat negera penempatan. Selain itu kerja sama dengan sektor terkait dalam mencari peluang pasar kerja akan kita intensifkan lagi," terangnya.(esy/jpnn)

JAKARTA- Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi membidik peluang pasar tenaga kerja formal. Peluang pasar untuk tenaga kerja formal atau semi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News