JPNN.com

Menanti Gebrakan Calon Raksasa Otomotif Amerika - Eropa

Senin, 04 November 2019 – 15:15 WIB Menanti Gebrakan Calon Raksasa Otomotif Amerika - Eropa - JPNN.com

jpnn.com - Situasi industri otomotif global memang sangat dinamis. Dahulu yang berseteru bisa jadi kini menjadi satu. Cerita terbaru datang dari kantor dua perusahaan besar yakni PSA dan Fiat Chrysler.

Kedua perusahaan otomotif Eropa blesteran Amerika itu menyatakan sepakat bersatu dalam satu perusahaan baru dan mungkin akan menjadi sangat besar.

Hanya saja, perincian mengenai perusahaan baru, masih tahap perundingan karena kesepakatan akan diselesaikan dalam beberapa minggu mendatang. 

Menurut kedua produsen kendaraan, PSA dan FCA berencana untuk mendirikan perusahaan patungan di Belanda yang akan dipegang oleh PSA dan Fiat Chrysler, dengan masing-masing memegang 50 persen saham. 

CEO PSA, Carlos Tavares akan menjadi Kepala Eksekutif, Dewan Direksi akan diketuai oleh Ketua FCA saat ini John Elkann, seorang cucu dari bos Fiat lama, Giovanni Agnelli.

Peleburan kedua perusahaan ini menciptakan sebuah pabrikan mobil terbesar keempat di dunia dalam hal penjualan, setelah Volkswagen, Toyota dan Renault-Nissan-Mitsubishi. 

Targetnya adalah mampu membukukan penjualan sebanyak 8,7 juta kendaraan per tahun, total penjualan 170 miliar euro dan hasil operasi lebih dari sebelas miliar euro.

"Konvergensi ini membawa nilai signifikan bagi semua pemangku kepentingan dan membuka masa depan yang cerah bagi entitas gabungan," kata Tavares.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...