Menara Mesjid Itu Dulunya Juga Mercu Suar

Menara Mesjid Itu Dulunya Juga Mercu Suar
DWIFUNGSI - Menara mesjid yang dulunya juga dipakai sebagai mercu suar. Foto: Afni Zulkifli/JPNN.
China atau Tiongkok, selain dikenal sebagai negara komunis, juga sebenarnya memiliki peradaban dan jejak-jejak budaya Islam yang kuat. Terutama kawasan China bagian selatan, dengan Guangzhou sebagai salah satu kota utamanya. Berikut sedikit catatan dari kesempatan mengunjungi mesjid tertua yang ada di kota itu.

Laporan AFNI ZULKILFI, Guangzhou

GUANGZHOU
merupakan kota dengan luas sekitar 7.400 km persegi yang terletak di China bagian Selatan. Ibukota provinsi Guangdong ini telah menjelma menjadi kota megapolitan. Kota dengan penduduk sekitar 13 juta jiwa ini, tampak semakin cantik dengan berbagai taman bunga dan fasilitas berkelas internasional, saat menjadi tuan rumah Asian Games 2010 yang saat ini sedang berlangsung.

Bukan hanya memberikan fasilitas serba "wah" kepada setiap atlet, ofisial dan tamu yang datang, pemerintah Guangzhou juga memperhatikan berbagai aspek pariwisata dari unsur sejarah kota mereka. Ini terlihat seperti saat wartawan JPNN bersama rombongan dari PB PON Riau, berkesempatan mengunjungi salah satu situs bersejarah peninggalan Islam tertua di China, yang berlokasi tepat di jantung Kota Guangzhou, akhir pekan kemarin.

China atau Tiongkok, selain dikenal sebagai negara komunis, juga sebenarnya memiliki peradaban dan jejak-jejak budaya Islam yang kuat. Terutama kawasan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News