Tempat-Tempat Wisata Lereng Merapi yang Terimbas Letusan

Sajikan Debar Pelesir di Gunung Berapi Paling Aktif

Tempat-Tempat Wisata Lereng Merapi yang Terimbas Letusan
Bambang Sugeng, bos Kamp Wonogondang, pengelola wisata Lereng Merapi. Foto: BOY SLAMET/JAWA POS
Lereng Merapi mempunyai banyak tempat tujuan wisata yang menarik. Namun, letusan Merapi kali ini membuat sejumlah tempat wisata tersebut berhenti beroperasi. Inilah sebagian di antaranya.

-------------------------------------------

KARDONO-RIDLWAN, Jogjakarta

------------------------------------------

LERENG Merapi memang sangat ideal untuk berwisata. Sebut saja soal hawa dinginnya yang segar dan khas pegunungan. Jalannya bagus, lokasinya tidak terlalu jauh dari kota, dan pemandangannya indah. Klop.Status Merapi yang disebut-sebut sebagai gunung berapi paling aktif di dunia justru membuatnya kian eksotis. Menantang untuk ditaklukkan. Sejak letusan besar pada 1930, Merapi praktis hanya "batuk-batuk" kecil. Kadang hanya "berdehem". Dalam siklus letusan 4?6 tahunan, ia hanya mengalami erupsi kecil selama satu-dua minggu lalu kembali tidur.

Biasanya, erupsi tersebut tidak terlalu bahaya dan hanya menimbulkan luncuran awan panas paling jauh 6 kilometer. Hal itu justru membuat tempat wisata di lereng Merapi yang rata-rata berjarak sekitar 10 km dari puncak Merapi menjadi sangat khas. Mendebarkan.

Lereng Merapi mempunyai banyak tempat tujuan wisata yang menarik. Namun, letusan Merapi kali ini membuat sejumlah tempat wisata tersebut berhenti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News