Menaruh Sabun di Bawah Seprai? Hadehhhh....

Menaruh Sabun di Bawah Seprai? Hadehhhh....
Foto: Hoaks

jpnn.com, JAKARTA - Baru-baru ini istilah istilah restless legs syndrome (RLS) dipopulerkan pembuat pesan hoaks. Katanya, kelainan itu bisa disembuhkan dengan menaruh sabun di bawah seprai tempat tidur.

RLS sebenarnya merupakan sebuah kelainan saraf. Penyakit tersebut ditandai adanya dorongan yang kuat menggerak-gerakkan kaki. Biasanya dorongan itu terjadi ketika sedang tidur atau bersantai.

Entah dari mana inspirasi pembuat hoax yang mengatakan bahwa penyakit tersebut bisa disembuhkan dengan sabun di bawah seprai.

Pesan hoax berbentuk artikel itu sudah disebarkan banyak pihak. Salah satunya fanspage Dr OZ Indonesia. Artikel di semua situs yang memberitakan penyembuhan RLS dengan sabun tersebut tak mengutip pernyataan ahli apa pun.

Mereka hanya mencatut nama Mayo Clinic, sebuah organisasi nirlaba yang bergerak di bidang riset medis di Amerika Serikat (AS).

Dalam artikel itu Mayo Clinic juga tak menyebutkan bahwa RLS bisa disembuhkan hanya dengan menaruh sabun di bawah seprai.

Dalam artikel hanya disebutkan, Mayo Clinic pernah melansir jumlah orang yang menderita sulit tidur seperti RLS di AS yang mencapai 3 juta orang.

Lantas, apakah benar RLS bisa disembuhkan dengan menaruh sabun batangan di seprai? Spesialis saraf RS Unair dr Wardah Rahmatul Islamiyah SpS tidak yakin hal itu benar.

Baru-baru ini istilah istilah restless legs syndrome (RLS) dipopulerkan pembuat pesan hoaks. Katanya, kelainan itu bisa disembuhkan dengan menaruh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News