Mencicipi Lezatnya Guantang Shuijiao dan Ba Bao Zhou di Surga Makanan Halal China

Mencicipi Lezatnya Guantang Shuijiao dan Ba Bao Zhou di Surga Makanan Halal China
Suasana di Jalan Muslim Kota Xia'an. Foto: Antara/Gao Tianxin

jpnn.com, BEIJING - Banyak yang bilang: "Seperti tak lengkap berkunjung ke Xi'an tanpa mampir ke Jalan Muslim". Jalan Muslim atau dikenal sebagai Xi'an Muslim Quarter merupakan surga kuliner halal dengan sejarah yang panjang di China.

Kota Xi'an merupakan salah satu kota perdagangan yang penting, juga menjadi titik pangkal Jalur Sutra. Pada masa perdagangan Jalur Sutra, para utusan dan pengusaha asing dari Persia dan Arab datang ke Jalan Muslim untuk melakukan kegiatan perdagangan, kemudian mereka menetap di daerah itu dan menikah dengan perempuan lokal.

Masyarakat Muslim yang tinggal di daerah Jalan Muslim disebut sebagai Etnis Hui. Mereka hidup berdampingan dengan Etnis Han secara harmonis. Lama-kelamaaan, penduduk lokal mulai dipengaruhi oleh agama dan budaya Islam sehingga tempat tersebut menjadi sebuah kawasan Muslim. Makanya tak heran lebih dari 60.000 jiwa Etnis Hui yang beragama Islam menetap di kawasan itu.

"Pertama kalinya berkunjung ke Jalan Muslim, saya menemukan bangunan-bangunannya istimewa, angin malamnya sejuk, bahkan serunya para penjual bersaing berteriak-teriak menawarkan kuliner masakannya. Seolah-olah saya tak sengaja menerobos ke dunia lain," ujar Chen, mahasiswi di Xi'an asal Provinsi Hainan.

Ungkapan Chen itu menunjukkan bahwa kawasan itu tak hanya istimewa di mata wisatawan mancanegara, bahkan orang lokal pun juga merasakan ketakjuban dengan suasa di lokasi itu. Karena itu, jangan heran jika Anda kehilangan rasa lelah jika sepanjang hari berjalan-jalan menyusuri kawasan yang suasana keren itu.

Jika Anda penasaran dengan ragam kuliner di Jalan Muslim, berikut rekomendasi masakan yang patut dicoba.

Guantang Shuijiao

"Shuijiao" berarti pangsit, sedangkan "Guantang" berarti isi atau dalaman dari pangsit-pangsit itu, yakni selain bakso sapi juga penuh dengan kaldu daging sapi. Ciri khas Guantang Shuijiao adalah isinya banyak, kulitnya tipis dan kuahnya sedap.

Siapa sangka, di China ada pusat kuliner besar yang seluruh makanannya halal disantap umat Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News