Menciptakan Resonansi CSR yang Menggaung

Menciptakan Resonansi CSR yang Menggaung
Menciptakan Resonansi CSR yang Menggaung
Apa kesan orang terhadap PT Freeport Indonesia? Anak perusahaan Freeport McMoran Copper and Gold itu? Tambang tembaga dan emas terbesar di dunia? Di atas gunung 4.200 meter dari permukaan laut? Bisa menatap kilauan salju abadi di puncak Jayawijaya?

DON KARDONO, Papua

TRUK-truk segede gambreng, pengangkut batu-batuan yang ditambang yang masih tercatat sebagai truk terbesar di dunia. Yang satu ban-nya saja seharga mobil All New CRV, sekitar USD 40.000. Tinggi ban-nya, tiga kali tinggi badan saya. Ada sekitar 200 truk, yang tiap hari mengangkut 750.000 ton. Itu hanyalah kesan fisik yang mengendap di benak orang.

Saya sempat bertanya, mengapa mobil-hamobil Ford Everest dan Toyota Land Cruiser yang beroperasi di sana, selalu dilengkapi antene bendera yang panjangnya lebih dari 2 meter menjulang? Di puncaknya diberi lampu flash berkedip-kedip menyilaukan? Fungsinya apa? Saya baru tahu, rupanya itu pertanda ada mobil kecil. Karena lawannya ada truk-truk raksasa yang kalau menggilas dua mobil di atas, serasa sedang menginjak kerupuk saja. Padahal, dua jenis mobil itu kalau di Jakarta, sudah tergolong mobil berbadan besar dan tinggi. Dua jenis mobil itu, juga selalu berwarna putih. Biar kelihatan kalau sedang parkir di proyek.

Apa kesan orang terhadap PT Freeport Indonesia? Anak perusahaan Freeport McMoran Copper and Gold itu? Tambang tembaga dan emas terbesar di dunia?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News