Mendag Malu Indonesia Masih Impor Batik

Mendag Malu Indonesia Masih Impor Batik
Mendag Malu Indonesia Masih Impor Batik
JAKARTA -  Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, mengaku merasa malu karena Indonesia yang dikenal sebagai negara penghasil batik, ternyata masih mengimpor dari sejumlah negara.

"Lumayan banyak (batik impor). Saya agak malu saja kalau disuruh pakai batik impor. Sayang lah, ke depannya kita harus bisa bersaing, masa batik harus impor," katanya saat melakukan inspeksi mendadak ke Pasar Tanah Abang, sebelum menghadiri Penganugerahan Inacraft Award di Jakarta, Jakarta, Sabtu (27/4).

Menurut Gita, produksi batik tanah air harusnya tak hanya bisa memenuhi kepentingan dalam negeri, namun juga bisa diekspor ke  sejumlah negara. “Cukup malu lah kalau sampai impor. Tidak ada alasan untuk kita tak bisa penuhi kebutuhan nasional batik dengan produk nasional,” tuturnya.

Selain menemukan banyaknya batik impor, dalam sidak tersebut, Kemendag juga menemukan adanya pakaian-pakaian yang tidak memenuhi peraturan. Misalnya penggunaan label yang harus ada di setiap pakaian.

JAKARTA -  Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, mengaku merasa malu karena Indonesia yang dikenal sebagai negara penghasil batik, ternyata masih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News