Mendag Pantau Kepatuhan Pengusaha

Mendag Pantau Kepatuhan Pengusaha
Mendag Pantau Kepatuhan Pengusaha
JAKARTA - Selama bulan Ramadan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri khususnya, Menteri Perdagangan (Mendag) Mari Elka Pangestu mengaku pihaknya secara konsisten memantau perkembangan harga, agar stabil dan terjangkau oleh masyarakat yang tengah melakukan ibadah puasa. Hari ini, Senin (30/8) misalnya, bersama Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Kustantinah, Mendag pun melakukan peninjauan ke Pasar Segar dan Ramah, serta Pasar Swalayan di wilayah Kelapa Gading, dalam rangka memantau kepatuhan para pelaku usaha terkait dengan isu perlindungan konsumen. Pada kunjungan kerja ini, turut serta pula Menko Kesra Agung Laksono, guna memantau secara langsung pengawasan di lapangan.

"Kita semua adalah konsumen. Namun tidak semua konsumen memahami hak-hak mereka. Oleh karena itu, pemerintah senantiasa melakukan pemantauan dan pengawasan, sosialisasi serta persuasi, sehingga pelaku usaha tetap mematuhi kewajiban mereka terhadap perlindungan konsumen," ungkap Mendag, ketika meninjau Pasar Segar dan Ramah Mandiri, serta Pasar Swalayan Farmer's Market di Kelapa Gading, Jakarta, Senin (30/8).

Menurut Mendag, bagi sebagian besar konsumen di Indonesia, mereka harus mengeluarkan biaya dan waktu yang cukup besar untuk melakukan transaksi dan konsumsi produk seperti makanan dan minuman. Sementara katanya, konsumen mempunyai keterbatasan dalam menilai dan menghindari resiko dari produk makanan dan minuman yang tidak aman bagi kesehatannya.

"Konsumen memerlukan bimbingan dan perlindungan dari semua pihak yang terlibat dalam proses penyediaan produk tersebut. Pasar sebagai sarana penjualan produk, diharapkan bukan merupakan tempat peredaran produk yang mengandung bahan berbahaya seperti tahu berformalin, bakso mengandung boraks, kerupuk diwarnai pewarna kuning metanil, atau ikan kakap merah yang mengandung pewarna Rhodamin B," jelasnya.

JAKARTA - Selama bulan Ramadan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri khususnya, Menteri Perdagangan (Mendag) Mari Elka Pangestu mengaku pihaknya secara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News