Mendag Sebut Pemerintah Terus Mendorong Potensi Ekonomi Digital

Mendag Sebut Pemerintah Terus Mendorong Potensi Ekonomi Digital
Menteri Perdagangan berpesan agar semua pihak dapat berkolaborasi membangun dan memperkuat ekosistem perdagangan digital. Foto: Wenti Ayu/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perdagangan berpesan agar semua pihak dapat berkolaborasi membangun dan memperkuat ekosistem perdagangan digital.

Hal itu disampaikan pria yang akrab disapa Zulhas itu saat menghadiri perhelatan ApsaraDB Forward - Alibaba Cloud Data Management Summit di the Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Selasa (24/7).

Turut hadir mendampingi yaitu Staf Khusus Menteri Perdagangan Bidang Perjanjian Perdagangan Internasional Bara Krishna Hasibuan, Presiden Internasional Alibaba Cloud Intelligence Celina Yuan, Presiden Database Produk Bisnis Alibaba Cloud Intelligence Li Feifei, dan Manajer Alibaba Cloud Intelligence untuk Indonesia Leon Chen. 

Menurut Zulhas, data menjadi bagian penting dalam ekonomi digital, sehingga kolaborasi untuk menjaga keamanan data dan efisiensi pengelolaan data sangat penting.

"Data menjadi aset paling berharga yang harus dielaborasi dan dikelola dengan bijaksana untuk mencapai efektivitas dan menjaga keamanan data. Memanfaatkan data secara cerdas dan etis dapat menciptakan ekosistem digital yang inklusif, berdaya saing, dan memberikan manfaat bagi semua pemangku kepentingan," kata Zulhas dikutip JPNN.com, Kamis (27/7).

Dia menyebutkan besarnya aktivitas pada ekosistem digital, terutama dalam niaga elektronik (e-commerce) memiliki hubungan erat dengan data. 

Zulhas menjelaskan aktivitas-aktivitas tersebut antara lain seperti transaksi dan interaksi daring di antara para konsumen, pelaku bisnis, dan flatform penyedia layanan niaga elektronik itu sendiri. Data pun menjadi pilar utama pendukung aktivitas ekosistem digital.

"Menganalisis data yang ada dapat digunakan baik untuk membuat pengembangan produk maupun mengambil keputusan strategis," lanjutnya.

Menteri Perdagangan berpesan agar semua pihak dapat berkolaborasi membangun dan memperkuat ekosistem perdagangan digital.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News