Mendag Zulkifli Hasan Tegaskan Komitmen Hubungan Dagang Indonesia-Mesir

Mendag Zulkifli Hasan Tegaskan Komitmen Hubungan Dagang Indonesia-Mesir
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menyatakan bahwa pihaknya berkomitmen mendukung penguatan kemitraan antara pengusaha Indonesia dan Mesir. Foto: Dok Kemendag

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menyatakan bahwa pihaknya berkomitmen mendukung penguatan kemitraan antara pengusaha Indonesia dan Mesir.

Pria yang karib disapa Zulhas itu menilai di tengah tekanan perekonomian global, kerja sama perdagangan dibutuhkan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat antarnegara.

Hal itu disampaikan Zulhas saat menutup rangkaian kunjungan kerjanya dengan mengunjungi perusahaan importir kopi dari Mesir, Zahret El Bon El Brazili Co pada Selasa (16/5) di Kairo, Mesir.

Zulhas pun mengapresiasi importir Zahret El Bon El Brazili Co yang setia menjadi mitra kerja sama dengan perusahaan kopi Indonesia dan telah terjalin cukup lama.

"Saya berharap hubungan yang lebih hangat antara kedua negara dapat terealisasi sesuai target, demi kemakmuran rakyat di negara masing- masing. Apabila menemui kendala, Kedutaan Besar Republik Indonesia dan Atase Perdagangan RI di Kairo siap membantu," kata Mendag Zulkifli Hasan.

Mendag Zulkifli Hasan mengatakan kebutuhan kopi yang sangat tinggi di Mesir khususnya kopi robusta menjadikan negara Spinx sebagai pasar yang sangat potensial bagi eksportir Indonesia.

Kemendag mencatat Mesir adalah pasar terbesar kedua tujuan ekspor kopi Indonesia ke pasar global. Pada 2022, ekspor kopi Indonesia ke Mesir tercatat sebesar USD 82 juta dengan tren pertumbuhan 12,12 persen dalam lima tahun terakhir (2018-2022).

Mesir, lanjut Mendag Zulkifli Hasan, merupakan mitra dagang istimewa bagi Indonesia karena merupakan negara pertama di jazirah Arab yang mengakui kedaulatan Indonesia.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menyatakan bahwa pihaknya berkomitmen mendukung penguatan kemitraan antara pengusaha Indonesia dan Mesir.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News