Mendagri Anggap Natuna Lebih Efektif Gabung Kalbar

Mendagri Anggap Natuna Lebih Efektif Gabung Kalbar
Mendagri Anggap Natuna Lebih Efektif Gabung Kalbar
JAKARTA - Seiring penyusunan Desain Besar Penataan Daerah (Desertada), pemerintah terus melontarkan wacana penggabungan satu daerah dengan daerah lain. Nantinya, dimungkinkan pula satu kabupaten/kota untuk bergabung dengan provinsi lain.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi, menyatakan, sampai saat ini sudah ada 181 usul pemekaran. Namun demikian, belum ada satu pun aspirasi penggabungan daerah.

"Sebenarnya Desartada tidak hanya mengatur tentang pemekaran. Tapi juga penggabungan dan penyesuaian. Bagi daerah yang gagal melakukan pemekaran sesuai UU 32 (UU Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemda), dimungkinkan untuk digabungkan," kata Mendagri saat membuka seminar "Diseminasi Desertada" hasil kerjasama Kemendagri dan Partnership for Governance Reform (Kemitraan) di Jakarta, Rabu (20/4).

Dipaparkannya, dalam Desertada itu pemerintah juga akan melakukan penyesuaian. Dengan persetujuan daerah, bisa saja satu kabupaten/kota digabungkan dengan darah lain.

JAKARTA - Seiring penyusunan Desain Besar Penataan Daerah (Desertada), pemerintah terus melontarkan wacana penggabungan satu daerah dengan daerah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News