Mendagri Bantah Sebut 80 Persen APBD DKI untuk Belanja Pegawai

Mendagri Bantah Sebut 80 Persen APBD DKI untuk Belanja Pegawai
Mendagri Tjahjo Kumolo. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, membantah pernah mengeluarkan pernyataan yang menyebut 80 persen Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta, habis untuk gaji pegawai.

"Ada pemutarbalikan berita. Saya tidak pernah mengatakan APBD DKI. Yang benar APBD kabupaten/kota mayoritas masih untuk belanja pegawai," katanya, Selasa (24/2). Jumlah daerah yang APBD-nya lebih banyak untuk belanja pegawai mencapai 80 persen dari seluruh daerah di Indonesia.

Artinya, kata Tjahjo, baru 20 persen dari total seluruh daerah di Indonesia yang menganggarkan APBD-nya mayoritas untuk pembangunan.

"Saya juga mengatakan ada juga kabupaten/ kota yang mayoritas anggarannya sudah untuk pembangunan. Jadi saya katakan harus bertahap diperbaiki bagi daerah yang anggarannya masih mayoritas untuk belanja pegawai," katanya.

Tjahjo mengemukakan penjelasannya, menanggapi pemberitaan yang seolah-olah dirinya mengatakan 80 persen APBD DKI  habis untuk belanja pegawai.  Akibatnya, Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) membantah hal tersebut.

Ahok bahkan meminta agar Kemendagri membuat surat resmi ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI. Sehingga, Pemprov bisa menjelaskan soal penggunaan APBD.(gir/jpnn)


JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, membantah pernah mengeluarkan pernyataan yang menyebut 80 persen Anggaran Pendapatan dan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News