JPNN.com

Mendagri Ingatkan Pemda Perhatikan Kesejahteraan Damkar

Jumat, 02 Maret 2018 – 06:37 WIB Mendagri Ingatkan Pemda Perhatikan Kesejahteraan Damkar - JPNN.com

jpnn.com, AMBON - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengajak jajaran Pemadam Kebakaran di seluruh Indonesia menjadikan momentum peringatan HUT ke-99 Damkar, untuk mempertegas kembali komitmen memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh rakyat Indonesia.

"Khususnya, terkait perlindungan bagi masyarakat dari ancaman dan dampak kejadian kebakaran. Ini merupakan bentuk dari implementasi hadirnya negara dalam perlindungan kepada masyarakat, sesuai amanah nawa cita pertama, yaitu menghadirkan kembali negara untuk melindungui segenap bangsa dan memberikan rasa aman," ujar Tjahjo dalam sambutannya saat memimpin upacara peringatan HUT ke-99 Damkar di Ambon, Maluku, Kamis (1/3).

Mantan Sekjen DPP PDI Perjuangan menilai, tugas jajaran damkar, tidak hanya terkait pemadaman kebakaran.

Tapi juga hal-hal lain, misalnya berperan aktif melakukan pelatihan dan pemberdayaan masyarakat untuk mengantisipasi bahaya kebakaran. Terutama di daerah-daerah rawan terjadinya kebakaran.

Selain itu, mantan anggota DPR ini juga menilai, petugas damkar menjalankan tugas yang sangat mulia.

Karena itu, perlu mendapat perhatian yang layak dari masing-masing pemerintahan daerah yang ada. Baik menyangkut jaminan kesehatan, pendidikan dan terkait kesejahteraan lainnya.

"Saya kira kemendagri punya kewenangan dalam rangka mengevaluasi setiap perencanaan anggaran yang dibahas antara pemerintah daerah dan DPRD. Hal-hal yang berkaitan dengan skala prioritas ini (termasuk kesejahteraan petugas damkar,red) akan selalu menjadi perhatian bersama," pungkas Tjahjo.(gir/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...