Mendagri: Jangan Lupa Pesan Pak Presiden...

Mendagri: Jangan Lupa Pesan Pak Presiden...
Tjahjo Kumolo. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengingatkan kembali kepada para kepala daerah, memperhatikan pesan-pesan yang sudah disampaikan Presiden Joko Widodo pada pengarahan kepala daerah hasil pilkada 2015, di Istana Negara, Jumat (8/4) kemarin.

Antara lain, deregulasi ‎harus  segera diselesaikan dengan  baik yang berkaitan dengan Permendagri, peraturan daerah dan sejumlah peraturan terkait lainnya.

"Presiden juga mengingatkan, perencanaan pelaksanaan  pembangunan infrastruktur baik program pusat maupun daerah, harus fokus  dilaksanakan sebagaimana  tahapannya dan tepat    waktu. Jangan lupa," ujar Tjahjo, Sabtu (9/4).

Presiden kata Tjahjo, juga berpesan agar para kepala daerah menetapkan prioritas perhatian kepada belanja modal. Karena menjadi kunci pertumbuhan daerah dan nasional, daya saing, terhubungnya seluruh wilayah Indonesia, menunjang swasembada  pangan, pemerataan   pembangunan dan kesejahteraan rakyat.

Selain itu, presiden kata mantan Sekjen DPP PDI Perjuangan ini juga berpesan pentingnya ‎peningkatan  kualitas sumber daya  manusia (SDM) harus memberikan percepatan di berbagai  sektor. Baik kementerian maupun pemerintah provinsi dan  pemerintah kabupaten/kota, sampai  pemerintah desa. Agar pelaksanaan dan   koordinasi, solusi di lapangan cepat dikendalikan dan dilaksanakan.

"‎Reformasi penganggaran di kemendagri maupun pemda, pada prinsipnya harus terkoordinir dan terkonsolidasi. Pengendalian mulai dari perencanaan  penganggaran, pelaksanaan  serta evaluasi, harus fokus dan konsentrasi pada multiplier effect dan yang penting efisiensi," ujarnya.

Selain itu, Tjahjo juga mengingatkan, nomenklatur  yang sifatnya bersayap/tidak  fokus seperti program pemberdayaan, peningkatan,  yang tidak ada hasil konkret dirasakan masyarakat, agar segera dihapus. Sehingga setiap program yang   dilaksanakan mempunyai  hasil nyata. (gir/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News