Mendagri Perintahkan Kada Cepat Atasi Titik Api

Mendagri Perintahkan Kada Cepat Atasi Titik Api
Kebakaran hutan. Foto ilustrasi: Angger Bondan/dok.JPNN


JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) merilis sejumlah titik api kembali terpantau di beberapa daerah di Pulau Sumatera.

Namun jumlahnya telah menurun drastis dari sekitar 40 titik sebelumnya, diperkirakan hanya sekitar tujuh titik setelah guyuran hujan. 

Meski jumlahnya telah menurun, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo meminta kepala daerah tetap harus siaga dan segera turun tangan. Jangan menunggu bantuan dari pemerintah pusat.

"Sudah ada rapat koordinasi. Sepercik api yang ada, itu daerah harus segera turun. Jangan menunggu bantuan pusat. Ditangani dulu dengan baik," ujar Tjahjo, Senin (7/3).

Mantan Sekjen DPP PDI Perjuangan ini mengingatkan hal tersebut, karena menurutnya, tindakan awal dari Pemda sangat penting. Sehingga tingkat sebaran titik api dapat diminimalisir dan tidak meluas. 

"Arahan bapak presiden, kalau ada bencana daerah turun, TNI turun, kementerian sosial turun, kementerian kesehatan turun," ujar Tjahjo.(gir/jpnn)


JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) merilis sejumlah titik api kembali terpantau di beberapa daerah di Pulau Sumatera. Namun jumlahnya


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News