Mendagri Sarankan Sandiaga Uno tak Balik jadi Wagub DKI

Mendagri Sarankan Sandiaga Uno tak Balik jadi Wagub DKI
Tjahjo Kumolo. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyarankan agar Sandiaga Salahudin Uno sebaiknya tidak kembali mengisi posisi wakil gubernur DKI Jakarta yang sudah ditinggalkannya.

Demikian disampaikan Tjahjo saat ditanya soal kemungkinan Sandi bakal kembali menjadi wagub DKI jika kalah dalam Pilpres 2019 yang hasilnya masih menunggu keputusan resmi dari KPU.

"Menurut saya yang bersangkutan (Sandi-red) sudah minta mundur secara sukarela ya, seyogyanya tidak kembali lagi," kata Tjahjo di Istana Negara, Jakarta pada Rabu (24/4).

Saat disinggung bagaimana kalau partai pengusung kembali mengajukan cawapres yang berdampingan dengan Prabowo Subianto, apakah dibolehkan? Tjahjo menyebut itu kewenangan parpol.

"Di aturannya sih enggak ada, di undang-undang gak ada (larangan). Silakan saja, itu kan kewenangan partai politik," jelas mantan politikus Senayan ini.

Namun demikian, Tjahjo menambahkan bahwa Sandi sudah mundur secara terbuka untuk menjadi cawapres, dan partai sudah membahas nama penggantinya.

"Seyogyanya mekanisme (berjalan) diproses terus, tapi itu kewenangan partai politik. Tidak bisa intervensi saya, ketua DPRD atau gubernur DKI, semua ikut mekanisme partai," tandasnya.(fat/jpnn)


Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyarankan agar Sandiaga Salahudin Uno sebaiknya tidak kembali mengisi posisi wakil gubernur DKI Jakarta yang sudah ditinggalkannya.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News