Mendagri Siapkan 'Ospek' untuk Kepala Daerah

Mendagri Siapkan 'Ospek' untuk Kepala Daerah
Mendagri Siapkan 'Ospek' untuk Kepala Daerah
JAKARTA -- Latar belakang kepala daerah sangat beragam. Ada yang dari kalangan tokoh masyarakat, ulama, pengusaha, hingga artis. Itu membuat pengetahuan para kepala daerah tentang pemerintahan tidak seragam. Karena itu, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akan mengadakan pembinaan bagi para kepala daerah yang baru menjabat.

"Supaya pemerintahan baik, kami orientasikan dulu para kepala daerah. Kami bekali dasar-dasar mengenai pemerintahan, perencanaan, dan pengawasan," kata Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi di Jakarta kemarin.

Selain itu, kata Gamawan, dalam orientasi juga akan dijelaskan filosofi pemerintahan. Sebab, pemerintahan memiliki filosofi sendiri. Berbeda dengan dunia wirausaha, keagamaan, apalagi selebritas. "Kami jelaskan, mulai dari yang sederhana tentang pemerintahan, hingga kewenangan mereka sebagai kepala daerah," katanya.

"Ospek" untuk kepala daerah itu, kata Gamawan, akan diformalkan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri). Draf permendagri sudah hampir rampung. "Saya sudah lihat, saya kasih coret-coretan apa yang kurang," katanya.

JAKARTA -- Latar belakang kepala daerah sangat beragam. Ada yang dari kalangan tokoh masyarakat, ulama, pengusaha, hingga artis. Itu membuat pengetahuan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News