Mendagri Tawarkan Penyesuaian Daerah

Demi Efektifitas Penyelenggaraan Otda

Mendagri Tawarkan Penyesuaian Daerah
Mendagri Tawarkan Penyesuaian Daerah
JAKARTA - Penggabungan daerah otonom yang dianggap gagal dimungkinkan sesuai aturan yang ada. Namun seiring dengan penyusunan grand design otonomi daerah yang berisi tentang jumlah daerah otonom di Indonesia, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi mengharapkan ada daerah yang sukarela melebur atau bergabung dengan daerah lain.

Saat dihubungi dari Jakarta, Jumat (6/8), Mendagri menjelaskan, dalam penyusunan grand design otonomi selain pemekaran dan penggabungan daerah juga dimunculkan istilah baru. "Namanya penyesuaian. Dibuka ruang bagi daerah yang kawasannya jauh, untuk bergabung dengan kawasan yang lebih dekat. Itu yang kita tawarkan," ujar Mendagri yang saat dihubungi sedang menghadiri acara pertemuan Bogor Retreat di Bogor, Jawa Barat.

Namun menurut Mendagri, meski ada ruang untuk penyesuaian bukan berarti pemerintah akan serta-merta melakukannya. "Tetapi perlu ada usulan juga dari daerah juga," imbuhnya.

Ditanya soal kategori daerah yang bisa ikut penyesuaian, Mendagri mengatakan, hal itu lebih didasarkan pada efektifitas. "Mana yang lebih efektif, yang disesuaikan saja. Itu kan ada ruangnya, entah digunakan atau tidak, terserah. Tapi itu dibuka itu ruang seperti (penyesuaian)," sambungnya.

JAKARTA - Penggabungan daerah otonom yang dianggap gagal dimungkinkan sesuai aturan yang ada. Namun seiring dengan penyusunan grand design otonomi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News