Mendagri Tegaskan Banyak Kesetiaan Palsu

Mendagri Tegaskan Banyak Kesetiaan Palsu
Mendagri Tegaskan Banyak Kesetiaan Palsu

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar pertunjukan wayang kulit di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat, Sabtu (27/6) malam untuk memperingati Bulan Bung Karno. Tiga dalang kondang ditampilkan pada pagelaran itu, yakni Ki Manteb Soedharsono, Ki Enthus Susmono dan Ki Purbo Asmoro.

Mendagri Tjahjo Kumolo di sela-sela pertunjukan menuturkan, lakon yang ditampilkan pada pagelarang itu adalah Setyaki, Setyaki, Setyaki. “Itu tokoh kesatria muda. Maknanya kerja, kerja kerja," ujar Tjahjo.

Menurutnya, Setyaki merupakan sosok yang memiliki kesetiaan tinggi terhadap kewajiban negara hingga melebihi kesatria lain. Selain itu, banyak orang yang menyukai semangat dan watak kerja Setyaki untuk meraih kekuasaan maupun tahta.

Tjahjo menilai kisah Setyaki itu cocok untuk menjadi gambaran atas kondisi saat ini. "Kerja, kerja, kerja yang merupakan watak kesetiaan sudah mulai banyak dipalsukan oleh para perusak-perusak di negara ini, yang tidak pernah ingin Pandawa mengalami kesuksesan," ujar Tjahjo.

Karenanya pada bagian akhir pagelaran wayang itu ditampilkan sosok Semar. Tampilnya Semar itu untuk  meruwat para Pandawa agar semangat dalam mengabdi. “Kerja, kerja, kerja, kembali berkobar sesuai jiwa kesatria Pandawa," ujar Tjahjo.(gir/jpnn)

JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar pertunjukan wayang kulit di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat, Sabtu (27/6) malam untuk memperingati


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News